Berkenalan dengan Joplin

Tampilan Joplin

Ketika ngomongin tentang catatan harian, terutama orang-orang yang terbiasa dengan teknologi pasti yang mereka bayangkan adalah beberapa produk atau aplikasi yang sudah biasa banyak orang gunakan seperti Evernote, Google Keep, OneNote dan lain sebagainya. Saya sendiri sangat senang menggunakan Google Keep hampir semua pekerjaan saya dikantor dan diluar kantor saya catat di google keep.

Di google keep memang ada fitur untuk pengelompokan dengan menggunakan Label. Hanya saja, saya kurang puas saya butuh fitur untuk penumpukan dan sampai akhirnya saya menemukan Evernote. Menurut saya evernote sangatlah luarbiasa sangat menunjang kebutuhan saya banget sampai pada akhirnya, tadi siang saya menemukan kendala susahnya membuka evernote dikarenakan koneksi internet yang sangatlah buruk (maklum di desa).

Bolak-balik keluar rumah sampai saya bawa laptop dan nongkrong di galengan sawah demi mendapatkan signal. Alhamdulillah, akhirnya mendaoatkan signal walau benar-benar kaya siput. Biar gak kehilangan momen, saya buru-buru membuka data client saya dan menyalin data untuk bisa dikerjakan secara offline. Singkat cerita, saya terpikir untuk mencari aplikasi dengan konsep google keep namun fitur evernote cari mencari hingga ketemulah sebuah aplikasi yang bernama “Joplin”.

Apa itu Joplin?

Joplin merupakan sebuah aplikasi untuk kebutuhan membuat sebuah catatan offline yang bisa tersimpan ke berbagai jenis layanan data awan seperti Dropbox, OneDriver, NextCloud dan lainnya. Joplin menyediakan dua metode penyuntingan yaitu dengan WYSIWYG bawaan joplin sendiri yang berupa penyunting Markdown dan bisa juga disunting menggunakan tekx editor.

Saya sendiri menggunakan Joplin dan dihubungkan ke Dropbox agar semua catatan saya bisa terunggah secara otomatis ke Dropbox dan bisa diambil dimanapun. Oh iya, postingan ini juga kucatat di Joplin dulu loh dan akan dipost ketika sudah menemukan signal yang mantap heheheā€¦

karena saya baru menggunakan dan belum terlalu mendalami jadi cukup sampai disini dulu besok in syaa allah saya lanjutkan tulisan tentang Joplin ini