Kenapa GNU/Linux lebih dianjurkan dalam pendidikan?

“Kenapa GNU/Linux lebih dianjurkan dalam pendidikan?” mungkin terkesan sangat memaksa tapi jika dilihat dari pengalaman saya dan mungkin realitanya, kalimat ini menurut saya sangat cocok untuk dibahas.

Kenapa Linux

“Kenapa GNU/Linux lebih dianjurkan dalam pendidikan?” mungkin terkesan sangat memaksa tapi jika dilihat dari pengalaman saya dan mungkin realitanya, kalimat ini menurut saya sangat cocok untuk dibahas. Pada postingan kali ini saya akan berbagi beberapa pengalaman ketika saya masih mengajar dissalahsatu sekolahan di kebumen yang kebetulana saya bertugas sebagai pengajar mata pelajar TIK, Pustakawan, Bangun/benerin jaringan komputer, benerin printer, desain banner dan mungkin masih banyak tugas lainnya wkwkwk.

Virus

Masalah klasik yaitu Virus, Virus merupakan salahsatu momok bagi mereka pengguna Komputer bersistem operasi Windows terutama Windowsnya tidak Original atau Bajakan. Pernah suatu waktu saya yang baru bangun harus menghadapi seorang Pengawas dari provinsi (kebetulan ada lembaga yaitu TK yang sedang melaksanakan Akreditasi) yang cukup bikin saya ciut maklum masih proses ngumpulin nyawa harus ngobrol dengan orang yang nadanya agak tinggi waktu ngobrol. Setelah diperhatikan permasalahannya, ternyata Flashdisk yang digunakan sebagai media Transfer dari laptop guru ke pengawas di tolak oleh Macbook Pro milik Ibu Pengawas dan setelah saya coba untuk mengahpus beberapa Virus di laptop linux alhamdulillah flashdisk terbaca dan proses akreditasipun berjalan lancar.

Berat

Beberapa guru menjadi langganan saya dalam urusan ini, laptop berat membuat mereka jengkel karena harus bersabar ketika laptop atau komputer mereka mengalami heng atau lag meskipun ada beberapa guru yang menggunakan laptop seri terbaru dengan windows original sekalipun. Masalahnya ternyata ada banyak aplikasi yang berjalan dengan sendirinya dan tanpa diketahui oleh pemilik laptop tersebut.

Iklan obat kuat

Pernah pake laptop dan keluar iklan obat kuat di deskopmu? tentu sering bukan? mungkin jika kita yang mengalami akan biasa saja tapi bagaimana jika anak atau keponakan kita yang sedang menggunakan komputer kita atau bahkan murid-murid kita yang sedang asyik prakti mata pelajaran TIK tiba-tiba perhatiannya teralihkan oleh hal semacam ini? tentu sangatlah berbahaya bukan.

Semua masalah diatas akan lebih mudah diminimalisir jika komputer kita menggunakan sistem operasi berbasis GNU/Linux dengan banyaknya varian dekstop dan sistem operasi yang bisa disesuaikan dengan keadaan komputer yang kita miliki dengan menggunakan, kita juga bisa menjadi lebih fokus dalam menjalankan kegiatan belajar dan mengajar.

Sekian semoga bermanfaat…