Pastikan sumber aplikasi yang kamu pake dari sumber yang terpercaya

Judulnya panjang juga yah, barusan ketika saya dibikin ruwet kerna kemarin nggarap salah lupa membuat request merge dan membuat branch sendiri dan garapan udah terlanjur di commit, saya dengar beberapa teman kantor sedang asyik membicarakan virus yang membajak komputer dan menyandra data dengan uang tebusan beberapa ratus Dollar.

Namun jika kita membayar biaya untuk menebus data kita yang disandra oleh sipembuat virus data kita akan dikembalikan? Kasus inipun akan berujung gambling kerna ketika kita melakukan penebusan sandra, belum tentu orang sipenyandra mau mengembalikan data kamu dan akhirnya kamu akan menyesal dua kali.

Jika kamu menyimpan data-data penting dikomputer kamu, pastikan kamu menggunakan aplikasi-aplikasi yang aman dan salahsatunya ya mengunduh dan menggunakan aplikasi dari situs atau perusahaan sipembuat. “Tapi kan mahal, mending unduh dari blog aja”, sekarang sebuah aplikasi yang diunggah oleh yang punya blog apakah terjamin aman? dan saya juga suka bingung jika lihat orang-orang yang suka pake software bajakan, mereka PEDE banget bilang software ini mengandung virus dan sangat jelek, halo boss software yang kamu pake sumbernya dari mana?

Saya sendiri jika mendapatkan permintaan restore windows, saya selalu mengunduh software-software yang free seperti WPS dan bahkan LibreOffice, Kdelive, inkscape, GIMP dan untuk browsernya sendiri, seperti google chrome sendiri sudah disediakan disitus resminya begitu juga firefox.

Intinya, jika kamu ingin merasa aman dari virus. Ya… minimalisir lah, pastikan aplikasi yang kamu gunakan diunduh dari sumber yang jelas, jika kamu butuh aplikasi yang berbayar dan belum punya rejeki ya ikhtiar nabung dan jika pengen hidupmu tentram dunia dan akhirat mulailah hijrahkan komputermu dengan menggunakan aplikasi sumber terbuka.